Rabu, 28 November 2012

Jenis - Jenis Mesin Yang Paling Disukai Pada Saat Engine Swap

Jakarta, BosMobil.com - Jika sebelumnya telah membahas modifikasi mengganti mesin bawaan untuk engine swap dengan yang lebih bertenaga, kali ini tim mencoba memberikan informasi singkat mengenai mesin-mesin favorit untuk pilihan engine swap.
Jika menurut abjad, dimulai dari merek Honda. Kebanyakan yang berburu mesin logo H ini adalah mesin B-Series Engine dengan kode B16A dan B18C, biasanya dari Honda Civic ataupun Integra Type R. Mesin yang sudah bertenologi VTEC ini memiliki performa yang powerful dengan tenaga lebih dari 160 HP. Selain itu, B-Series Engine adalah mesin yang menjanjikan karena memiliki daya tahan yang lebih baik.
Honda B18C

Selanjutnya adalah Mitsubishi yang paling banyak dicari yaitu berkode 4G63T. Mesin yang biasa dipakai di Mitsubishi Lancer Evolution generasi 1-9 ini bisa dibilang mesin legenda. Dengan dilengkapi turbo, sanggup memuntahkan 280 HP lebih. Selain 4G63T, banyak yang menari mesin dari Galant VR-4 yaitu berkode 6A13TT. Mesin V6 dengan turbo ganda ini juga memiliki performa tinggi.
Mitsubishi 4G63T

Nah, jika berbicara merek Nissan, sudah pasti RB Engine adalah mesin favorit. Mesin DOHC 6 silinder segaris ini memiliki pilihan 2.000 cc, 2.500 cc, dan 2.600 cc. Khusus 2.600 cc dengan kode RB26DETT dari Nissan Skyline memiliki turbo ganda yang sanggup memuntahkan tenaga 280 HP lebih. Selain RB Engine, Nissan juga memiliki mesin favorit lainnya yaitu SR Engine berkode SR20DET. Mesin ini dijumpai pada Silvia maupun Pulsar, yang bertenaga kurang lebih 250 HP.
Nissan RB26DETT

Berikutnya adalah Toyota. “Jika dahulu banyak yang mencari 4A-GE, sekarang sudah pada beralih ke 3S,” ucap Weda dari Indonesia Performance. Ya, mesin 3S memiliki pilihan yaitu 3S-GE Beams (2.000 cc non turbo) maupun 3S-GTE (2.000 cc Turbo). Menurut Weda, mesin yang berada dari Celica maupun Altezza tersebut sudah semakin mudah untuk ditemukan di pasaran. Selanjutnya, mesin favorit dari Toyota adalah JZ Engine dari Toyota Aristo ataupun Supra yang dilengkapi turbo. “Mesin ini biasanya banyak dipakai untuk ajang drift,” sambungnya. Kemudian mesin lainnya dari Toyota adalah 4E-FTE yang merupakan dari Toyota Starlet GT. Mesin ini memiliki kapasitas 1.300 cc dan turbo tetapi bertenaga besar serta irit bahan bakar.
Toyota 3S-GTE

Tidak ketinggalan dari merek Suzuki juga memiliki mesin favorit untuk dilakukan engine swap, yaitu dengan kode M18 berkapasitas 1.800 cc DOHC. “Sekarang, mesin M18 banyak dicari para pemakai Suzuki Swift. Mesinnya lebih bertenaga, tetapi kebanyakan transmisi automatic,” jelas Weda.
Suzuki M18

Diluar itu, sebenarnya masih banyak mesin favorit lainnya untuk engine swap seperti Subaru dengan mesin berjenis boxer serta turbo. “Tetapi jarang yang masuk ke pasaran, dan mobilnya sendiri pun sedikit populasinya,” jelasnya sambil menutup pembicaraan.

Teks/foto : DO/bosmobil-www

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar